Thursday, December 24, 2009

3 Gem Ruby Untuk Jejaring Sosial

Situs jejaring sosial biasanya menyediakan API untuk mengkonsumsi service yang mereka berikan. Dari beberapa situs jejaring sosial, yang terkenal diantaranya adalah Twitter, Facebook, dan Linkedin dimana ketiga situs tersebut saat ini telah mempublikasikan API publik miliknya. Berikut ini adalah gem-gem untuk memanfaatkan service dari Twitter, Facebook, dan Linkedin



Twitter
Gem ini dibuat oleh John Nunemaker. Dengan gem ini, sangat mempermudah dalam memanfaatkan service milik Twitter. Selain itu, seperti yang kita tahu, Twitter menggunakan OAuth untuk authentication dan kabar baiknya adalah gem ini telah support 100% untuk OAuth. Berikut ini adalah contoh kode dalam menggunakan gem yang bernama twitter untuk update status.
require File.join(File.dirname(__FILE__), '..', 'lib', 'twitter')
require File.join(File.dirname(__FILE__), 'helpers', 'config_store')
require 'pp'

config = ConfigStore.new("#{ENV['HOME']}/.twitter")

oauth = Twitter::OAuth.new(config['token'], config['secret'])
oauth.authorize_from_access(config['atoken'], config['asecret'])

client = Twitter::Base.new(oauth)
pp client.update('This is an update from the twitter gem')


Facebooker
Gem ini dibuat untuk memanfaatkan service Facebook. Selain gem, Facebooker juga menyediakan plugin untuk Rails. Untuk tutorial, sangat direkomendasikan membaca artikel blog milik Stuart. Mungkin artikel blog tersebut saat ini kurang sesuai, namun setidaknya masih bagus untuk pemula Facebooker.

Linkedin
Linkedin merupakan jejaring sosial yang mirip dengan Facebook, namun bedanya linkedin digunakan untuk kalangan bisnis atau pekerja. Pada bulan 23 November 2009, Linkedin baru aja mempublikasikan API miliknya dimana menggunakan OAuth untuk authentication seperti Twitter. Tidak lama setelah Linkedin mempublikasikan API publiknya, seseorang bernama Wynn membuat sebuah gem yang bernama linkedin. Gem ini bertujuan untuk memanfaatkan service dari Linkedin. Untuk info dan tutorial mengenai gem ini, dapat dilihat di artikel blog miliknya.





1 comment:

© Railsmine